ABIDARIL HASAN

Penulis Pro vs Penulis Amatiran. Apa Bedanya?

Penulis Pro vs Penulis Amatiran. Apa Bedanya? via pixabay.com

Penulis Pro vs Penulis Amatiran– Seorang penulis Pro banyak diburu oleh agensi konten dan perusahaan yang membutuhkan konten profesional berkualitas. Secara umum dalam ranah penulisan, penulis bisa Kita bedakan antara seorang penulis profesional dan penulis amatiran. Seorang penulis pro dituntut mampu menguasai riset keyword secara mendalam, mampu membuat struktur artikel yang cakep dan tak kalah penting mampu menulis artikel secara lengkap, detail dan terstruktur.

Tahukah Kamu Siapakah Penulis Pro Itu?

Sebelum kita membahas tentang siapa penulis pro atau profesional dan penulis amatiran.

Mari kita bahas dulu tentang definisi penulis itu sendiri.

Jika kita merujuk pada KBBI Kamus Besar Bahasa Indonesia. Maka penulis adalah:

Pertama,

Penulis adalah orang yang menulis. Jadi siapapun yang menulis ya boleh dibilang sebagai penulis. Walaupun dia menulis status sosial media dia akan tetap bisa disebut seorang penulis.

Kedua, penulis adalah pengarang. Ya sama saja dengan definisi pertama.

Ketiga, penulis adalah panitera, sekretaris setiap usaha yang merujuk pada aktifitas menghasilkan tulisan. Di sini mulai spesifik bahwa penulis adalah sebuah proses menghasikan karya.

Keempat, penulis adalah menggambar abstrak.

Kelima, penulis adalah orang yang yang mampu menulis naskah dari berbagai macam berita yang dimuat dalam sebuah penerbitan pers.

Bukan hanya itu ketika kita mempelajari tentang KBBI, di sana disebutkan bahwa ada 5 Gabungan kata penulis. Mulai dari penulis, penulis pelancong, penulis siluman, penulis tajuk, penulis ulang.

Penulis cepat adalah orang yang menulis menggunakan skema. Boleh dibilang penulis jenis ini sudah punah.

Penulis pelancong istilah kerennya adalah travel rider. Ada juga seorang penulis rumah. Kalau dalam bahasa kerennya adalah seorang flashlight. Penulis jenis ini juga dikenal sebagai penulis bayangan.

Mengapa? Karena kalau kita menggunakan kata siluman kayak gimana gitu.

Penulis tajuk adalah sebuah tulisan yang masuk dalam wilayah pemimpin redaksi yang mana dia menulis sebuah tajuk rencana sebuah berita.

Penulis ulang adalah seorang penulis yang menulis tema sesuai dengan permintaan redaksi atau media. Mereka melakukan sebuah pekerjaan menulis ulang atau memperbaiki sebuah naskah.

Baca juga: Panduan Menulis Novel yang Menarik Bagi Pemula

Perbedaan  Penulis Pro dan Penulis Amatiran

Ada beberapa pembeda utama antara seorang penulis pro dan penulis amatian. Apa saja perbedaan itu?

Berikut penulis sajikan beberapa berbedaan penting antara penulis profesional dan penulis amatiran atau penulis pemula.

Tetapi pembeda paling mendasar antara penulis pro dan penulis pemula adalah jam terbang. Iya jam terbang merekalah yang menentukan seberapa besar kemampuan mereka dalam menghasilkan  tulisan yang lengkap dan berkualitas.

” Secara garis besar penulis pro adalah  penulis yang menjadikan aktifitas menulis sebagai profesi utama untuk meraup pundi pundi rupiah”.

Sedangkan  penulis amatiran adalah

“Seorang penulis yang menjadikan aktifitas menulis sebagai aktifitas sampingan saja”.

Sehingga dia tidak benar-benar menulis secara totalitas. Dia tidak memaksimalkan potensi diri, energi dan kekuatannya untuk menghasilkan karya terbaik.

Inilah perbedaan penulis pro dan penulis amatiran:

Mindset dan Cara Berfikir

Seorang penulis pro mampu mengembangkan mindset berfikir yang komprehensif dan lengkap. Dalam batok kepalanya telah tertanam program bagaimana menghasilkan karya, naskah dan artikel yang berkualitas dan dibutuhkan banyak orang.

Sehingga hasil karya mereka benar-benar bisa memuaskan dahaga para pembaca dan pemburu konten. Karya mereka bukan karya yang asal-asalan apalagi hanya artikel yang berupa rewrite dan copas sana  sini. Bukan!

Sebaliknya seorang penulis pemula belum memiiki pola pikir dan mindset yang benar dalam menghasilkan karya sehingga mereka tidak bisa totalitas dalam menulis. sehingga tulisan yang mereka hasilkan tidak mampu memuaskan dahaga para pembaca dan pemburu konten.

Baca juga: Cara Menulis Efektif, Jenis Tulisan dan Menulis Kreatif yang Bisa Kamu Coba

Pembahasan Konten

Seorang penulis pro biasanya membahas sesuatu secara detail dan mendalam. Sehingga artikel yang mereka hasilkan benar-benar bisa menjawab kebutuhan para pembaca artikel.

Setelah membaca artikel dari penulis pro, mereka tidak membutuhkan lagi artikel yang lainnya. Penulis profesional biasanya menulis dengan gaya tulisan yang khas dan unik.

Mereka juga menulis artikel dengan gaya storytelling yang asyik dan menghanyutkan sehingga orang yang membacanya betah membaca artikel sampai selesai.

Dan ujung-ujungnya terjadi closing penjualan. Asyik, kan?

Sudut Pandang yang Unik dan Menarik

Seorang penulis pro biasanya sudah punya pengalaman yang lumayan dan jam terbang yang jitu. Sehingga mereka mampu menulis sebuah tema pembahasan yang lain dari pada yang lainnya.

Mereka mampu menyuguhkan sebuah konsep yang baru dan out of the box. Sehingga pera pembaca betah mengikuti alur dan pembahasan kata demi kata, kaliamt demi kalimat dalam artikel yang mereka tulis.

Sedangkan penulis pemula biasanya belum mampu menghadirkan tulisan yang khas dan unik.

Mereka sering sekali memeroleh ide artikel dari artikel orang lain dan mereka menulisnya ulang sehingga bahasannya ya tidak jauh beda dengan tulisan awal yang dia tiru.

Konten yang Mereka Tulis

Seorang penulis pro biasanya menulis sepenuh hati dan jiwa sesuai pengalamannya. Sehingga dia mampu menghadirkan tulisan yang renyah, mudah dipaham dan tidak bertele-tele.

Seorang penulis pro mampu menyajikan suatu pembahasan secara detail, rinci, runtut dengan bahasa yang mudah dicerna oleh siapapun yang membacanya.

Sedangkan penulis amatiran mereka biasanya masih belum bisa memahami dengan baik apa yang mereka tulis.

Mereka sendiri masih butuh banyak belajar untuk memahami apa yang mereka tulis tapi mereka sudah mencoba menyajikan sebuah tulisan.

Maka bisa dibayangkan, bagaimana hasil tulisannya? Tulisannya berantakan dan jauh dari kata nyaman dibaca.

Kesimpulan

Penulis pro dan penulis amatiran memang ada tapi mereka benar benar beda. Penulis pro berawal dari jam terbang yang tinggi sehingga punya pengalaman dalam menghasilkan karya terbaik.

Sedangkan penulis amatiran masih belum punya banyak portofolio yang meyakinkan sehingga perlu terus mengupgrade diri untuk terus belajar hingga naik level menjadi penulis pro.

Demikian pembahasan tentang Penulis Pro vs Penulis Amatiran yang bisa penulis sajikan semoga bermanfaat.

Leave a Comment