ABIDARIL HASAN

Menulis Artikel Dibayar Mahal. Mau? Simak Penjelasannya Di Sini

Menulis Artikel Dibayar Mahal. Mau?

Menulis artikel di bayar mahal. Mau? Pasti mau donk. Siapa yang nggak mau hanya menulis artikel tapi memperoleh pundi pundi rupiah. Sebuah peluang mendulang uang  yang sangat menggiurkan.

Banyak orang yang nggak tahu bahwa menulis adalah sebuah aktifitas yang berpeluang memperoleh penghasilan yang lumayan di era digital ini.

Tenang saja dalam artikel ini penulis akan membahas bagaimana menulis artikel seo friendly, format menulis artikel yang benar dan bagaimana menulis artikel dapat uang dengan cara yang sangat mudah.

Tertarik? Simak artikel ini sampai selesai ya.

Bayangkan saja, di era internet ini hampir semua orang terhubung dengan internet. Terutama dengan merebaknya smartphone atau telepon pintar. Semua orang seakan-akan nggak bisa lepas dari gadget, android dan Ipad. Iya, kan? Termasuk kamu, kali?

Menulis Artikel Dibayar Sebagai Aset Digital

Tahukan kamu bahwa setiap konten yang ada di internet sangat berharga dan punya potensi penghasilan tanpa batas.

Konten ini tanpa kamu sadari adalah sebuah aset jangka panjang yang bisa menghasilkan limpahan dolar.

Kamu perlu mendalami bagaimana cara menulis Artikel dibayar Sebagai Aset Digital.

Secara umum ada 3 konten yang beredar luas di internet:

Pertama, tulisan berupa artikel, ebook, panduan dan tutorial

Kedua, Gambar berupa foto, desain grafis

Ketiga, Video berupa konten yang populer di Youtube

Ketiga konten ini setiap hari muncul di internet tanpa pernah bisa kita bendung. Artinya setiap hari para konten kreator berlomba-lomba menghasilkan konten yang menarik dan berkualitas.

Selanjutnya konten ini mereka upload di internet untuk menarik trafik (pengunjung) sebanyak-banyaknya. Trafik inilah yang berpeluang menarik pundi-pundi rupiah bagi para konten kreator.

Konten tulisan berupa artikel biasanya mereka upload di blog atau website yang mereka kelola. Website atau blog inilah yang menjadi aset digital.

Sebuah aset yang bila dikelola dengan baik akan mendatangkan dolar dalam jangka panjang.  Inilah potensi penghasilan nyata yang jarang orang tahu.

Baca juga: Penulis Pro vs Penulis Amatiran. Apa Bedanya?

Tujuan Menulis Artikel yang Perlu Kamu Tahu

Kamu perlu memahami apa tujuan menulis artikel

Tujuan menulis artikel adalah untuk memperkaya aset digital yang kamu miliki. Di era digital ini banyak orang yang kaya raya dan panen dolar karena mereka membangun aset digital.

Mereka membangun aset di dunia maya yang sering tanpa orang sadari. Jarang orang yang tau bahwa menulis Artikel dibayar sebagai Aset Digital.

Apakah Aset Digital Itu?

Apakah aset digital itu? Aset digital adalah aset yang mampu mendatangkan trafik secara masif dan kontinyu dalam jumlah puluhan ribu hingga ratusan ribu. Wujud aset digital mulai dari blog, youtube.

Aset digital ini perlu asupan konten yang berkualitas, berkelanjutan dan terus-menerus.

Apa artinya punya blog bila tidak ada artikel yang terbit secara kontinyu? Tidak akan ada trafik yang datang ke blog kamu. Ujung-ujungnya ya rugi, kan?

Apa Pengertian Artikel Itu?

Menulis artikel tidak sesulit yang kamu bayangkan. Serius! Btw, sebelum kita lanjut bagaimana cara menulis artikel yang seo friendly. Yuk kita bahas apa pengertian artikel.

Artikel adalah sebuah karya tulis yang memuat ide, gagasan yang bermanfaat untuk pembaca dengan konsep dan panjang kata tertentu. Biasanya artikel terpublikasi di blog, website, media online dan lain sebagainya.

Artikel biasanya berisi konten yang membahas sesuatu yang khusus. Misalnya saja, artikel parenting membahas tentang pola pengasuhan anak. Artikel bisnis membahas tentang pernak-pernik bisnis, penjualan, stok, produksi, dll.

Baca juga: Panduan Menulis Novel yang Menarik Bagi Pemula

Menulis Artikel SEO Friendly

Kamu Perlu Belajar Menulis Artikel SEO Friendly

Banyak orang mencari artikel yang SEO friendly. Bagaimanakah artikel SEO friendly itu?

Artikel SEO friendly adalah artikel yang ditulis sesuai dengan kaidah SEO agar mudah muncul di halaman pertama mesin pencari seperti google, Bing, Mozilla dan lain sebagainya.

Bagi seorang pemilik website, blogger dan kamu yang lagi menekuni dunia konten artikel, kamu perlu belajar bagaimana cara menulis artikel yang seo friendly.

Apa tujuan menulis artikel SEO friendly?

Agar artikel yang kamu tulis dilirik oleh mesin pencari layaknya Google dan muncul di halaman pertama search engine. Inilah tujuan penting mengapa perlu menulis artikel SEO friendly.

Menulis Artikel SEO Friendly

Bagi kamu konten kreator blogger, penting banget memahami bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly.

Mengapa?

Agar artikel yang kamu tulis tidak sia-sia belaka karena nggak ada yang baca. Sayang sekali, kan?

Menulisnya capek, perlu waktu tapi ujung-ujungnya artikel yang kamu tulis tidak muncul di mesin pencari (search engine).

Lantas siapa yang akan membaca artikelmu bila nggak ada di pencarian Google? Nggak ada yang akan membaca.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Bagi kamu para blogger dan pemilik website, kamu perlu menekuni skill menulis. Bukan sekedar menulis tapi bagaimana cara menulis sebuah artikel yang  SEO friendly. 

Apakah artikel Seo friendly itu?

Artikel SEO friendly adalah sebuah artikel yang ditulis sesuai dengan kaidah SEO. Sehingga artikel yang kamu tulis mudah ditemukan oleh para pemburu informasi pada halaman pertama Google atau mesin pencari yang lain.

Ketika artikel yang kamu tulis muncul di halaman utama Google, maka artikel kamu punya peluang untuk diklik dan dibaca oleh orang yang membutuhkan.

Di sinilah kunci awal bagaimana artikel yang kamu tulis mendatangkan traffic ke dalam blog atau website yang kamu kelola.

Bayangkan saja apa artinya sebuah blog tanpa traffic?

Bagaimana sebuah blog bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah jika tidak ada trafik yang masuk ke dalam blog itu.

Tetapi membuat sebuah artikel yang menarik dan mendatangkan banyak traffic bukanlah sesuatu yang mudah.

Walaupun begitu, bukan berarti tidak mungkin menulis artikel yang menarik dan berkualitas.

Kamu perlu mempelajari beberapa hal fundamental agar artikel yang kamu tulis bermanfaat bagi para pembaca. Sehingga mereka merasa puas dan kembali ke blog kamu. Siap?

Baca juga: Cara Menulis Efektif, Jenis Tulisan dan Menulis Kreatif yang Bisa Kamu Coba

Langkah-langkah Menulis Artikel SEO Friendly

Kali ini kamu akan belajar bersama saya bagaimana cara menulis sebuah artikel yang menarik untuk para pembaca blog kamu.

Sebuah artikel yang menarik biasanya berupa artikel yang SEO friendly dan human friendy. Artikel human friendly adalah artikel yang nyaman dan asyik dibaca oleh manusia.

Di sinilah kamu perlu belajar dan menekuni bagaimana cara menulis artikel SEO friendly.

Sehingga membuat blog kamu dicintai oleh para pembaca dan disukai oleh Google. Asyik, kan?

Memilih Keyword yang Tepat

Hal pertama dan utama yang perlu kamu perhatikan untuk menghasilkan sebuah artikel yang SEO friendly adalah bagaimana menemukan keyword (kata kunci) utama yang tepat. 

Bayangkan saja, apa artinya sebuah artikel bagus, EYD ok, berkualitas tetapi tidak ditemukan oleh para pembacanya. Istilahnya tidak muncul di halaman pertama Google.

Tentu artikel ini hanya akan menganggur dan diam saja tanpa ada yang membaca. Sayang sekali, bukan? 

Maka di tahap ini kamu perlu belajar bagaimana melakukan riset kata kunci. Riset kata kunci ini dalam rangka untuk menemukan keyword dengan volume pencarian tinggi tetapi memiliki persaingan rendah.

Mencari Informasi yang Banyak Orang Butuhkan

Ibarat kamu jualan atau berdagang, maka kamu perlu menjual apa yang benar-benar  orang butuhkan.

Apa artinya kamu menjual sesuatu yang menarik, berharga  tetapi tidak orang butuhkan? Tentu nggak akan ada yang mau beli. Iya, kan?

Maka dalam tahapan ini kamu lagi-lagi perlu melakukan riset Informasi apa yang sedang trend dan dibutuhkan oleh banyak orang.  Maka kamu perlu membuat artikel dengan tema sesuai dengan hasil riset kamu itu.

Judul yang Menarik Pembaca

Faktor penting sebuah artikel menarik adalah judul. Bagaimana artikel kamu dibaca orang jika judulnya saja tidak menarik.

Maka kamu perlu memikirkan dengan serius bagaimana judul artikel yang kamu buat. Apakah judulnya menarik pembaca atau tidak.

Sebuah riset menyebutkan bahwa seseorang memutuskan untuk membuka sebuah website dan membaca artikelnya hanya melihat dari judul.

Kamu perlu memberi perhatian khusus bagaimana judul benar-benar membuat orang untuk klik dan membaca artikel kamu itu.

Perhatikan Dengan Serius Sudut Pandang Penulisan

Sebagai seorang penulis artikel kamu perlu memperhatikan bagaimana sudut pandang penulisan artikel.

Artinya banyak sekali artikel yang sama bahkan mirip dengan artikel yang sedang kamu garap. Kamu perlu memperhatikan bagaimana sudut pandang kamu terhadap tema yang sedang kamu bahas itu.

Kamu tetap bisa menulis sebuah artikel yang sudah banyak bertebaran di internet dengan memberikan nilai tambah.

Apa gunanya kamu menulis artikel yang tidak ada nilai tambah sama sekali.

Jika kamu menulis sebuah artikel yang sama dengan artikel yang sudah ditulis oleh orang-orang artinya kamu sedang menulis sebuah artikel sampah.

Artikel yang tidak akan bermanfaat untuk orang dan membuat orang jenuh dan tidak akan kembali ke blog yang sedang kamu kelola. Tentu ini sangat berbahaya untuk blog kamu. Serius!

Kamu perlu menulis sebuah artikel yang menarik. Sebuah artikel yang memiliki sudut pandang yang berbeda dari artikel yang sudah ada di internet.

Pembaca juga akan merasa nyaman berada di blog kamu. Mereka akan kembali lagi untuk membaca artikel kamu yang lain.

Bukan hanya itu, mereka akan melakukan share artikel pada blog kamu ke sosial media mereka. Blog kamu akan viral dan mudah orang kenal. Menarik, bukan?

Struktur Artikel yang Menarik Pembaca

Faktor penting lain sebuah artikel berkualitas adalah struktur artikel. Jauh sebelum kamu mulai menulis artikel. Kamu perlu membuat struktur artikel yang menarik.

Artikel yang menarik dan berkualitas selalu di mulai dari judul, pendahuluan, isi artikel kesimpulan dan penutup.

Sehingga ketika pembaca membaca artikel yang kamu tulis mereka akan mudah mengambil kesimpulan di akhir artikel.

Tulislah Artikel yang Panjang

Untuk menarik perhatian Google, kamu perlu menulis artikel yang panjang.

Sebuah artikel yang panjang biasanya minimal 1000-3000 kata.

Artikel yang panjang sangat berpotensi untuk dilirik oleh Google dan disajikan kepada para pembaca yang benar benar membutuhkannya. 

Paragraf Pembuka yang Menarik

Paragraf pembuka menjadi kata kunci sebuah artikel menarik atau tidak. Pembaca ingin mengetahui apa yang akan kamu bahas dalam artikel kamu.

Paragraf pembuka adalah kata kunci utama bagaimana pembaca akan membaca artikel kamu.

Selalu ingatlah bahwa paragraf pembuka yang menarik akan menjadi pintu gerbang mendatangkan trafik yang siginifikan pada blogmu.

Kamu perlu menyajikan paragraf pembuka yang benar-benar unik, beda dan menarik bagi pembaca.

Tulislah Paragraf Singkat

Para pembaca meluangkan waktu mereka yang berharga untuk mencari informasi di internet. Jangan sia-siakan waktu mereka yang mahal. Kamu perlu menyajikan informasi yang relevan, ringkas dan padat.

Terkadang karena terlalu berambisi untuk membuat artikel yang panjang, kamu terlena sehingga membuat tulisan kamu bertele-tele.

Hal ini membuat pembaca tidak nyaman dan segera meninggalkan blog kamu.  Nggak mau, kan?

Sebaliknya kamu perlu menulis paragraf singkat dan padat. Paragraf singkat biasanya terdiri dari 3-5 kata saja.

Sehingga dengan paragraf singkat ini pembaca tidak merasa jenuh untuk menemukan intisari dari tulisan yang kamu sajikan kepada mereka.

Tulis Tema Artikel yang Relevan

Kamu perlu menulis artikel yang relevan sesuai dengan tema dan judul yang kamu sajikan kepada pembaca. 

Judul artikel ibarat sebuah janji (promise) kamu pada para pembaca artikel kamu. Ketika mereka melihat judul artikelmu menarik, maka mereka mengklik blog kamu.

Selanjutnya apakah isi dari artikel yang kamu tulis sesuai dengan judul yang kamu buat atau tidak.

Jangan pernah sekali-kali membuat artikel yang beda antara judul dengan isi, jangan ya. Mengapa? Hal ini membuat pembaca merasa tertipu dan  tidak merekomendasikan blog kamu.

Menulis Artikel Berdasarkan Pengalaman Pribadi Kamu

Kamu perlu menulis artikel yang sesuai dengan pengalaman yang pernah kamu alami atau kamu rasakan.  Misalnya saja Kamu adalah seorang penggemar kuliner.

Kamu bisa membuat blog tentang kuliner. Tentu kamu akan semangat dan antusias untuk mengembangkan blog yang kamu buat karena memang passion kamu ada di situ.

Artikel yang ditulis oleh orang yang berpengalaman jauh lebih menarik bagi pembaca. Pembaca merasa mendapatkan pengalaman baru ketika membaca artikel yang kamu tulis.

Jangan sekali-kali menulis artikel yang tidak kamu kuasai dan tidak kamu pahami. Bisa berabe jadinya.

Misalnya saja kamu seorang blogger pemula tetapi kamu membuat blog tema tentang blogger. Sebuah blog yang membahas bagaimana membuat blog yang menarik dan menghasilkan uang.

Memang judul ini sangat menarik. Banyak sekali orang yang mencari informasi tentang bagaimana membangun blog yang menghasilkan uang.

Tapi tunggu dulu, apakah punya kemampuan untuk membuat konten cara membangun blog yang berkualitas?

Sedangkan kamu sendiri masih dalam tahap belajar dan meraba-raba bagaimana cara membuat blog. Menulis artikel yang menarik dan berkualitas.

Format Menulis Artikel yang Benar

Sebuah artikel yang baik dan benar selalu dimulai dari ide dan tema yang menarik dan banyak dibutuhkan orang.

Inilah format penulisan artikel yang baik dan benar:

  • Pendahuluan
  • Isi konten
  • Kesimpulan

Secara sederhana penulisan artikel yang baik dan benar selalu berawal dari tiga hal ini; yaitu pendahuluan, isi konten dan kesimpulan.

Pendahuluan Artikel yang Menarik Pembaca

Sebuah artikel yang baik selalu dimulai oleh pendahuluan yang menjelaskan tentang latar belakang tema yang sedang kamu bahas dalam artikel. 

Pendahuluan menggambarkan tema besar, kata kunci yang akan kamu bahas dalam artikel yang sedang kamu tulis. 

Mesin pencari Google juga bisa memahami seberapa berkualitas artikel kamu dari pendahuluan ini. Begitu juga dengan pembaca.

Pendahuluan kamu akan menggiring pembaca ke mana arah tulisan kamu. Mereka sudah bisa menebak apa saja ide dan gagasan besar yang akan kamu bahas dalam artikel yang sedang kamu tulis ini.

Bila mereka tidak menemukan sesuatu yang menarik pada pendahuluan artikel kamu.

Maka mereka akan segera meninggalkan blog kamu dan beranjak ke blog lain untuk menemukan informasi lain dari blog lain. Ini sangat berbahaya bagi blog kamu.

Isi Artikel yang Lengkap dan Detail

Isi artikel adalah inti dari artikel yang sedang kamu bahas.

Ibarat manusia, isi artikel adalah ruh. Seseorang dikatakan hidup ketika mereka memiliki ruh.  Sebaliknya Seseorang dikatakan meninggal dunia ketika ruhnya berpulang ke hadapan Tuhan.

Konten isi artikel kamu harus benar-benar berkualitas. Bagaimana konten yang berkualitas?

Yaitu sebuah konten yang menyajikan informasi yang detail, lengkap sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh para pembaca.

Jangan pernah kamu menulis artikel yang panjang dan bertele-tele. Ini akan membuat pembaca merasa jenuh dan bosan.

Kesimpulan Yang Nendang

Setelah kamu Menulis artikel mulai dari pendahuluan dan isi. Maka kamu perlu membuat sebuah kesimpulan tentang isi yang kamu jabarkan panjang lebar di atas.

Sehingga kesimpulan yang kamu buat akan membantu pembaca mengambil intisari dari artikel yang kamu tulis.

Menulis Artikel Bisa Dapat Uang

Benarkah Menulis artikel bisa dapat uang?  Mungkin kamu masih ragu apakah benar kita bisa mendapatkan pundi-pundi uang hanya dari menulis?

Banyak sekali orang di luar sana yang bilang bahwa menulis bisa menghasilkan rupiah dengan cara yang sangat mudah.

Sayang sekali nggak banyak orang yang tau peluang menulis Artikel dibayar mahal.

Bagaimana tidak, hanya dengan menulis 1-2 jam kamu bisa dibayar ratusan ribu rupiah. Sebuah peluang yang sangat menjanjikan bagi  kamu yang ingin memperoleh cuan yang sangat mudah dari menulis.

 Bagaimana menulis artikel bisa mendapatkan uang? Artikel yang berkualitas.

“Kualitas Artikel menjadi kata kunci sebuah artikel berpeluang mendapat banyak uang”

Kunci utama sebuah artikel berpeluang memperoleh uang lumayan adalah kualitas.

Coba  bayangkan, siapa yang mau membayar sesuatu yang tidak berkualitas. Semakin berkualitas semakin mahal.

Sebaliknya Semakin kacau, amburadul sebuah artikel semakin tidak berharga. Pembaca akan suka dengan artikel berkualitas yang sedang kamu tulis.

Karena artikel kamu berkualitas dan nyaman dibaca sehingga  membuat pengunjung blog kamu merasa memperoleh sesuatu yang baru yang manfaat.

Maka artikel yang kamu tulis akan mendatangkan ribuan bahkan jutaan traffic secara organik. Traffic yang datang inilah yang akan menjadi sumber penghasilan bagi blog kamu.

Belum lagi jika kamu menjual artikel kamu. Tentu banyak sekali orang yang membutuhkan artikel berkualitas.

Apakah tugas kamu?

Tugas utama kamu adalah bagaimana cara menghasilkan sebuah artikel yang berkulitas. Artikel berkualitas adalah artikel yang benar-benar bisa menjawab kebutuhan para pembaca. 

Kesimpulan

Di era digital saat ini sangat terbuka lebar peluang untuk memperoleh uang dengan cara yang sangat mudah. Salah satunya adalah dengan menulis sebuah artikel yang berkualitas. Menulis Artikel Dibayar perlu kamu tekuni untuk membangun sebuah aset digital.

Bayangkan, hanya dengan menulis Artikel kamu berpeluang dibayar mahal. Ketekunan adalah kunci utama agar kamu bisa menulis artikel bagus, berkualitas dan akan dibayar mahal.

Leave a Comment