ABIDARIL HASAN

10 Manfaat Membaca Bagi Seorang Penulis

10 alasan mengapa membaca sangat penting bagi seorang penulis yang ingin meningkatkan kualitas tulisannya.

Banyak orang yang menggantungkan hidupnya dari aktivitas menulis. Mereka menulis bukan hanya untuk menghabiskan waktu luang tetapi mereka menulis untuk menambah cuan dan penghasilan.

Bagaimana cara mereka menghasilkan cuan dari tulisan?

Tentu saja, mereka menulis konten yang berkualitas. Menulis konten berkualitas membutuhkan banyak referensi effort dan tentu saja sumber bacaan yang bermutu. Jadi tidak asal menulis begitu saja.

Sebuah tulisan yang berkualitas bukan sekedar menulis apa yang berkelebat di kepalanya. Tetapi dia menulis sesuatu yang benar-benar dicari dan dibutuhkan oleh seorang klien.  

Seberapa Penting Membaca Bagi Seorang Penulis?

Sebuah pertanyaan penting, mengapa membaca sangat penting bagi seorang penulis?

Mungkin kamu sering mendengar informasi di luar sana bahwa banyak orang yang tidak suka membaca. Kita juga sering mendengar bahwa tingkat minat membaca masyarakat kita sangat rendah? Iya, kan?

Memang tidak bisa dipungkiri, ini adalah sebuah keniscayaan dan kenyataan bahwa masyarakat kita memiliki tingkat literasi dan membaca yang sangat rendah.

Tetapi tahukah kamu bahwa di luar sana ada banyak sekali orang yang menghasilkan pundi-pundi rupiah hanya dari aktivitas menulis. Menarik, kan?

Sama dengan begini contoh begini, di luar sana banyak sekali lulusan SMA, SMK bahkan perguruan tinggi yang menganggur dan sulit mendapat pekerjaan.

Akan tetapi di sisi yang lain banyak  banget perusahaan yang merasa kesulitan mencari karyawan yang punya skill (keterampilan) yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Kontras, kan?

“Di satu sisi banyak orang menganggur dan membutuhkan pekerjaan. Di sisi yang lain banyak perusahaan kesulitan memperoleh karyawan yang berkompeten”

Maka kata kuncinya bukan lulusan SMA, SMK atau perguruan tinggi tetapi seberapa besar mereka memiliki skill (keterampilan) yang perusahaan butuhkan. Sederhana banget, kan?

Begitu juga dengan menulis. Di satu sisi minat baca masyarakat kita sangat rendah. Banyak di antara mereka yang lebih suka mendengar dan menonton dari pada membaca. Iya, kan?

Tetapi masalahnya berapa banyak tontonan yang berkualitas dan bermanfaat untuk kita? Nggak banyak, kan?

Kebanyakan tontonan yang disuguhkan oleh TV ya sinetron cengeng, cinta cintaan dan misteri yang ujung-ujungnya bikin takut, minder dan pesimis.

Kalau saran saja sih, segera jauhi tontonan yang kayak gini.

Potensi Menulis yang Jarang Orang Tahu

Menulis adalah sebuah aktifitas merangkai kata kata menjadi sebuah kalimat. Kalimat menjadi paragraf yang bermanfaat. Sebuah tulisan tidak di lihat dari sebanyak apa kata kata yang tersusun. Tulisan yang berkualitas tidak ditinjau dari sebanyak apa jumlah kata katanya tetapi dari seberapa manfaat yang bisa diberikan untuk pembaca.

Sebuah tulisan yang berkualitas harusnya bisa memberi solusi dan jalan keluar bagi pembacanya.

Maka, kata kunci dari tulisan yang berkualitas adalah manfaat bagi pembaca.

Maka menulis adalah sebuah skill (keterampilan) yang sangat potensial untuk menghasilan banyak uang.

Seorang penulis pro atau penulis profesional sangat mudah menghasilkan pundi pundi uang hanya dari rumah saja.

Maka muncul sebuah pertanyaan, mengapa mereka mau menulis? Mereka mau menulis karena ada permintaan konten yang sangat besar tentang industri bisnis, jualan, selling, dan promosi di dunia digital.

Bayangkan saja sejak munculnya internet dan dunia digital, manusia mulai terhubung dengan internet setiap hari. Mulai dari website, sosial media layaknya facebook, Telegram, Instagram, Youtube, dll. Seacra umum ada 3 konten penting yang sering kita temui di laptop dan handphone.

Pertama, tulisan (artikel)

Kedua, foto

Ketiga, video

Dari ketiga konten ini, konten yang paling mudah dibuat adalah konten tulisan.

Kalau kamu melihat informasi di grup Facebook banyak sekali yang menawarkan jasa konten murah. Mulai dari harga Rp15.000 sampai Rp30.000 per 1000 kata. Ini adalah harga yang sangat murah untuk sebuah tulisan yang berkualitas.

Tetapi tahukah kamu bahwa di luar sana juga ada banyak orang yang mampu menghasilkan ratusan ribu per 1000 kata.

Tenang saja

Saya akan membahasnya di sini, mengapa mereka bisa menghasilkan uang yang lumayan besar hanya dari tulisan.

Tertarik? Simak terus artikel ini ya hingga selesai.

Fondasi Penting Menulis

Mungkin kamu sering membaca sebuah artikel yang sangat powerful. Sebuah aritkel yang nyaman dibaca, pilihan diksi yang keren. Kamu nggak merasa jenuh dan bosan membacanya  walaupun artikelnya lumayan panjang. Pernah, kan?

Sebuah artikel yang berkualitas selalu ditulis oleh seorang penulis yang berkualitas pula.

Siapakan penuh yang berkualitas itu? Seorang penulis yang berkualitas adalah penulis yang mau belajar terus setiap hari. Tiada hari tanpa belajar. Belajar yang paling utama bagi penulis adalah membaca. Boleh dibilang membaca adalah sauara kandung menulis.

Bagaimana bisa seorang penulis menghasilkan sebuah karya yang apik, menarik dan berkualitas bila dia nggak suka membaca. Apalagi nggak punya minat membaca yang mendalam?

Kali ini saya akan membahas tentang alasan mengapa seorang penulis perlu membaca.

Menambah Ilmu Pengetahuan

Untuk menulis sebuah tulisan yang berkualitas, baik berupa artikel, esai, opini dan pendapat. Lebih lebih menulis sebuah buku, maka kamu perlu menambah referensi bacaan. Baik bacaan dari buku atau berbagai situs yang kredibel. Tanpa kamu sadari, membaca akan meningkatkan kemampuan dan pengetahuanmu secara mendalam. Nggak percaya? Buktikan!

Salah satu cara terbaik dan termudah agar kamu memperoleh tambahan ilmu dan informasi yang mendalam adalah dengan membaca. Dengan membaca, maka dendrid yang ada dalam otak kamu akan bertumbuh, berkembang membangun sebuah konsep dan kecerdasan di dalam otak kamu. Inilah salah satu keajaiban otak manusia. Bertumbuh dan berkembang dengan ajaibnya tanpa kamu sadari.

Kreativitas Mengalir Deras

Perlu kamu tahu bahwa dengan banyak membaca, maka kreativitas yang ada dalam otak kamu akan pendapat  amunisi tambahan.  Terkadang banyak sekali ide dan gagasan yang bermunculan dan bertebaran dalam pikiran. Iya, kan?

Tetapi terkadang kamu merasa bingung untuk mulai mengeksekusinya. Maka tanpa kamu sadari, membaca buku setiap hari adalah sebuah langkah penting untuk menambah pengetahun kamu. Meningkatkan aliran ide, gagasan dan kreatifitasmu dengan deras. Inilah salah satu kunci mengeksplorasi ilmu pengetahuanmu menjadi sebuah karya yang berkualitas. karya yang dibutuhkan banyak orang.

Meningkatkan Skill Berpikir

Jarang orang yang tahu bahwa aset terbesar dan termahal di dunia ini adalah otak. Jarang sekali orang yang menyadari hal ini. Termasuk kamu, kan?

Kebanyakan orang menganggap investasi termahal adalah emas, properti, kartu asuransi. Ternyata, semua yang saya sebut di atas bukan investasi termahal. Investasi termahal dan paling berharga bukan emas, properti tetapi otak dan kecerdasan yang kamu miliki.

Maka pembaca akan meningkatkan kualitas otak kamu. Skill membaca akan melipatgandakan kreativitas, ide dan gagasab yagn ada dalam  otak untuk menghasilkan sebuah karya yang dibutuhkan banyak orang. Dan karya inilah yang dinilai dengan harga mahal oleh orang lain.

Membantu Meningkatkan Konsentrasi Kamu

Membaca mampu meningkatkan konsentrasi kamu. Konsentrasi penting banget bagi seorang penulis?

Bukankah menulis adalah aktivitas mengeluarkan ide, gagasan ke dalam sebuah tulisan? Bagaimana mungkin kamu mengeluarkan gagasan, kecerdasan yang ada dalam pikiran kamu jika kamu tidak konsentrasi? Atau kamu sulit mengalami konsentrasi?

Maka membaca adalah sebuah aktivitas penting untuk membantu meningkatkan kualitas fokus dan berpikir kamu.

Saingkat cerita, seorang penulis yang baik adalah seorang pembaca yang baik pula. Boleh dibilang “Writer are better reader “.

Meningkatkan Skill Komunikasi

Membaca buku akan meningkatkan perbendaharaan kata (vocabulari) yang ada dalam otak kamu. Sehingga secara otomatis membaca akan meningkatkan skill (kemampuan) menulismu.

Ketika kamu membaca, maka kamu akan mendapatkan kata-kata baru. Secara otomatis pikiran kamu akan bertambah cerdas. Kamu punya banyak bahan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Mendapatkan Ide Variasi Tulisan

Penulis biasanya mempunyai style tulisan yang berbeda-beda. Kamu yang masih merasa belum punya gaya penulisan yang unik dan paten, kamu bisa banyak membaca karya orang lain.

Maka secara tidak langsung kamu akan menyerap informasi, gaya menulis, mindset (pikiran) mereka. Sehingga kamu akan segera menemukan gaya penulisan kamu sendiri.

Baca juga: Cara Menulhttp://abidarilhasan.com/cara-menulis-efektif/is Efektif, Jenis Tulisan dan Menulis Kreatif yang Bisa Kamu Coba

Memperoleh Inspirasi Tambahan

Manusia merupakan makhluk yang unik dan menarik. Dari sananya, manusia mampu belajar beradaptasi dan menyesuaikan keadaan bagaimanapun keadaannya. Dengan membaca buku, maka kamu akan mendapatkan inspirasi dan motivasi baru untuk sukses dalam kehidupan ini.

Ketika kamu sedang menulis dan kamu menemukan pikiran yang buntu, maka kamu butuh inspirasi tambahan dari penulis lain.

Nah kamu akan memperoleh inspirasi yang kaya dari membaca karya orang lain dan kamu bisa menulis lebih lancar, lebih teliti, teratur dan memperoleh banyak bermanfaat. Inilah aktifitas yagn saya lakukan saat pikiran mentok ketika menulis.

Meningkatkan Kemampuan Tiset Tulisanmu

Salah satu skill (keahlian) yang perlu dimiliki oleh seorang penulis adalah kemampuan melakukan riset (penelitian). Sebelum kamu menulis sebuah buku atau makalah. Maka kamu perlu mempersiapkan sebuah riset ini.

Riset menggambarkan apa tema yang akan kamu tulis. Sumber tulisan kamu dapatkan dari mana dan yang paling penting adalah siapa target pembaca buku karyamu. Tanpa melakukan riset, maka karya tulis berupa buku yang kamu hasilkan tidak banyak bermanfaat untuk orang lain.

Membaca Meningkatkan Gaya Tulisan Kamu

Membaca mampu meningkatkan fokus, analisa, refleksi terhadap hasil karya tulisan kamu. Maka dengan banyak membaca, kamu akan memperoleh panduan, inspirasi dan motivasi secara gratis dari penulis yang karyanya kamu baca. Asyik, kan?

Dengan menulis maka kamu bisa menurunkan manfaat untuk orang lain tetapi untuk menghasilkan sebuah tulisan yang berkualitas, kamu perlu membaca karya orang lain untuk memperkaya tulisan kamu.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Stephen King. Dia mengatakan bahwa jika kamu tidak punya banyak waktu untuk membaca kamu tidak punya waktu untuk menulis.  Sesederhana ini kunci menjadi penulis sukses.

Leave a Comment