ABIDARIL HASAN

Cara Menulis Efektif, Jenis Tulisan dan Menulis Kreatif yang Bisa Kamu Coba

Cara Menulis Efektif, Jenis Tulisan dan Menulis Kreatif yang Bisa Kamu Coba

Cara Menulis Efektif | Via pixabay.com

Menulis adalah sebuah aktivitas merangkai kata, huruf demi huruf menjadi kalimat, paragraf yang bermanfaat. Sebuah tulisan biasanya berisi informasi, pemikiran, ide dan gagasan dari seorang penulis.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan menulis sebagai sebuah aktivitas kreatif membuat huruf dengan pena, pensil, kapur dan sebagainya dan melahirkan pikiran gagasan dan perasaan.

Kunci utama untuk bisa menulis adalah adanya sebuah gagasan, topik. tema atau masalah yang menjadi pemicu utama sebuah tulisan.

Sehingga siapapun yang punya gagasan, pemikiran yang ada dalam kepalanya kemudian dia mau menuangkannya ke sebuah kertas, laptop dia boleh disebut sebagai seorang penulis.

Cara Efektif Menulis

Berikutnya muncul sebuah pertanyaan, bagaimana cara menulis efektif?

Secara umum tidak ada teori pasti bagaimana bisa menulis. Apalagi menuis efektif. Maka kata kuncinya ya menulis saja.

Kamu hanya perlu memulai untuk menulis sekarang juga. Tulis apa yang ada dalam pikiran kamu berupa ide, gagasan yang sudah berkecamuk dalam pikiran kamu.

Tulislah ide gagasan yang ada dalam batok kepalamu tanpa menunda. Kamu bisa menuliskannya ke atas kertas, di buku atau kamu bisa menulisnya di sebuah laptop.

Bila kamu mengalami kesulitan untuk memulai sebuah tulisan, maka kamu bisa memulainya dari sebuah kata kunci utama.

Sehingga kata kunci utama ini akan menjadi pokok kalimat dari tulisan-tulisan yang akan kamu hasilkan. Sudah ada gambaran, kan?

Di era digital ini ada banyak fasilitas yang bisa kamu terapkan untuk mulai menulis. Dan kabar baiknya semua bisa kamu akses secara gratis.

Misalnya saja, sebuah blog. Kamu bisa mulia membuat sebuah blog gratisan untuk tulisan kamu.

Bayangkan, betapa senang dan bahagia jika tulisan yang kamu hasilkan dibaca banyak orang. Tulisan kamu bermanfaat untuk mereka. Tentu kamu akan merasa puas dan ketagihan untuk menulis lagi. Ini fase yang pernah saya alami. Selanjutnya kamu, loh.

Berikut akan penulis jelaskan apa saja jenis tulisan yang sering kita temui. Simak terus ya sampai selesai biar nggak gagal paham. Lanjut.

Jenis-jenis Tulisan yang Perlu Kamu Pelajari

Jenis jenis tulisan | Via pixabay.com

Secara umum tulisan terbagi menjadi 2 jenis :

Tulisan fiksi dan nonfiksi.

Apakah tulisan fiksi itu?

Tulisan fiksi adalah sebuah tulisan yang berisi tentang khayalan, cerita, rekaan yang tidak nyata. Kata kunci utama tulisan fiksi adalah kekuatan imajinasi penulisnya.

Contoh tulisan fiksi berupa novel, cerpen, cerbung dan lain sebagainya.

 Berikutnya adalah contoh tulisan nonfiksi yang sering kamu jumpai.

Coba kamu bayangkan, apakah tulisan nonfiksi itu?

Tulisan non fiksi adalah sebuah tulisan yang berisi tentang data, fakta dan kenyataan.

Tulisan non fiksi biasanya berupa informasi, pengetahuan dan pengalaman seseorang yang dituangkan ke dalam sebuah tulisan.

Contoh tulisan non fiksi adalah karya ilmiah, hasil dari jurnalistik berupa kolom, feature, berita esai dan lain sebagainya.

Sebuah tulisan artikel dikenal dengan artikel opini. Tulisan ini masuk dalam kategori non fiksi karena berupa sebuah pemikiran, pendapat yang merupakan fakta. Ini biasanya adalah sebuah fakta yang ada dalam gagasan kepala seseorang.

 Ada 4 Jenis Tulisan yang Bisa Kamu Temukan

 secara umum  ada 4 jenis tulisan yang sering kamu temui. Di antaranya adalah:

 Tuliasan persuasif (persuasive writing)

 Tulisan eksposisi (expository writing)

 Tulisan deskripsi (descriptive writing

 Tulisan narasi (narrative writing)

 Yuk, kita bahas satu persatu dari 4 jenis tulisan ini.

Tulisan Eksposisi (Exposition Writing)

Tulisan Eksposisi adalah sebuah tulisan yang bertujuan memberi informasi, memberi penjelasan terhadap pembaca.

Tulisan eksposisi ini biasa dikenal sebagai tulisan ekplanasi yang memberi penjelasan tentang konsep berupa dokumen, data, statistik yang sangat diperlukan.

Contoh tulisan eksposisi berupa tips, buku, tulisan ilmiah, makalah skripsi mulai dari S1, S2 dan S3.

Tulisan Persuasi (Persuative Writing)

Apakah tulisan persuasi itu? Tulisan persuasi adalah sebuah tulisan yang berupa pendapat seorang penulis dalam rangka untuk meyakinkan, mempengaruhi dan mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu.

Secara umum tulisan persuasi mempunyai sifat subjektif karena isinya biasanya berupa pandangan pribadi seorang penulis tentang objek atau topik tertentu.

Contoh tulisan persuasi adalah sebuah tajuk rencana (editorial) review produk atau jasa,  advetorial (iklan).

Tulisan Narasi (Narrative writing)

Tulisan Narasi adalah sebuah tulisan yang isinya menceritakan tentang kejadian nyata ataupun fiktif. Tulisan narasi merupakan salah satu jenis paragraf yang mengembangkan tulisan berupa peristiwa dari masa ke masa. Tulisan jenis ini biasanya dijabarkan secara berurutan mulai dari awal (pendahulouan), Tengah (isi) dan akhir (kesimpulan).

Tulisan narasi secara umum berasal dari kata to narrate artinya cerita.  Di mana cerita merupakan sebuah rangkaian peristiwa yang berjalan secara kronologis, kejadian baik isinya berupa fakta atau fiksi (rekaan).

Tulisan narasi biasanya sangat panjang karena berisi kisah. Dalam tulisan narasi seorang penulis tidak hanya berusaha untuk memberikan penyajian informasi tetapi juga berusaha memberi konstruksi, relasi dan cerita secara lengkap. Mulai dari karakter tokoh, konflik yang terjadi dan setting tempat yang sangat detail sekali.

Contoh tulisan narasi berupa cerpen, anekdot, puisi, novel, novelet.

Tulisan Deskripsi

Apakah tulisan deskripsi itu? Tulisan deskripsi adalah sebuah tulisan yang menggambarkan sesuatu secara detail. Tulisan deskripsi ini biasanya berupa cerita, fiksi ataupun nonfiksi.

Tulisan yang masuk dalam kategori tulisan deskripsi adalah jurnal, gambaran alam, naskah drama, novel, puisi dan cerita atau sebuah tulisan yang berisi gambaran konsep, gagasan, ide tertentu.

Secara umum tulisan deskripsi berasal dari kata describe (menggambarkan).

Tulisan deskripsi biasanya menggambarkan dan menjabarkan objek tertentu berupa benda, tempat dan melibatkan panca idera kita (mulai dari pendengaran, penglihatan, penciuman, perabaan, penglihatan). Dan biasanya juga memaparkan pada objek tertentu. Mulai dari ukuran, warna, bentuk, kepribadian tokoh yang ada dalamnya  secara terperinci.

Macam-macam Tulisan Lainnya

Secara umum bukan hanya 4 jenis tulisan ini macam macam tulisanada dan sering digunakan di dunia jurnalistik tetapi ada tulisan-tulisan lain yang sering digunakan dalam dunia jurnalistik berupa artikel opini, feature dan berita.

Apa saja tulisan itu? Yuk, simak dengan tenang ya.

 Artikel Opini

 Apakah artikel opini itu? Artikel opini adalah sebuah artikel yang berisi tulisan yang isinya tentang suatu masalah atau peristiwa yang mereka publikasikan di media massa. Biasanya artikel ini punya tujuan untuk menyampaikan sebuah gagasan, fakta yang mampu untuk memberikan hiburan, pendidikan dan meyakinkan pembacanya.

Artikel Feature

Artikel Feature adalah sebuah artikel yang berisi tulisan hasil dari sebuah peliputan ( reportase) tertentu yang memberikan informasi, menghibur serta meyakinkan bahkan mampu menggugah di dalam hati dari para pembacanya.

Artikel feature biasanya tidak terikat oleh konsep 5W + 1H. Juga tidak terikat oleh waktu sehingga artikel ini lebih kekal dan abadi.

Kolom

Merupakan sebuah tulisan yang isinya adalah pendapat, persepsi atau analisa dari penulisnya yang membahas tentang sebuah peristiwa masalah yang ditulis oleh para pakar ahli.

Artikel Berita

Artikel berita biasanya adalah sebuah tulisan yang berisi laporan sebuah peristiwa paling update (aktual). Artikel berita biasanya tidak lepas dari unsur 5W+1H.

Apakah 5W+1H itu?

What= Apa yang terjadi. Siapa yang ada di dalamnya (saksi, korban, pelaku)

When= Kapan kejadian itu terjadi (tanggal, hari, waktu)

Where Di mana kejadian ini terjadi (lokasi, tempat)

Why= Mengapa kejadian ini bisa terjadi. Berisi tujuan, alasan, penyebab, motif serta latar belakang

How= Bagaimana kejadiannya (rincian, detail, proses dan suasana)

Advetorial

Apakah Advetorial itu? Advetorial adalah sebuah tulisan yang biasanya berisi iklan yang disajikan dengan tulisan dan bahasa jurnalistik. Aadvetorial secara umum berasal dari bahasa Inggris Advertising dan editorial.

Juga boleh dibilang Advertising (periklanan) merupakan sebuah penyajian materi yang persuasif kepada publik dalam rangka untuk menarik minat mereka membeli produk yang sedang dipromosikan. Editorial adalah pernyataan tentang opini yang merupakan sikap resmi dari tim redaksi (Wikipedia).

Tulisan Esai (Essay)

Selain tulisan yang sudah penulis sebutkan di atas, masih ada sebuah tulisan yang dikenal dengan tulisan esai (baca essay).

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Esai adalah sebuah karangan yang membahas masalah sepintas dari sudut pandang pribadi seorang penulis.

Tulisan esai dimulai dari pendahuluan, pembahasan serta penutup.

Pendahuluan biasanya berisi tentang latar belakang serta identifikasi masalah yang terjadi

Pembahasan berisi ulasan atau topik tertentu sesuai dengan keinginan dan minat penulisnya.

Penutup. Penutup sering sekali berisi sebuah kesimpulan atau rekomendasi dari penulis.

Tulisan kreatif (Creative Writing)

Tulisan kreatif adalah sebuah tulisan yang biasanya merujuk pada tulisan yang tidak biasa sebuah Inovasi dan kreativitas tingkat tinggi. Sehingga dalam tulisan kreatif ini jarang sekali orang yang mampu masuk ke dalamnya.

Penulisan kreatif biasanya adalah jenis penulisan yang ada di luar kelompok penulisan formal. Berupa artikel berita, jurnal, tulisan akademik yang selalu menuntut aturan baku yang sistematis.

Tulisan kreatif creative Writing) biasanya lebih menitikberatkan pada sisi narasi, opini pengembangan karakter dan gaya bahasa yang non formal.  Inti dari tulisan kreatif adalah gimana pembaca menaruh minat yang tinggi terhadap tulisan yang kamu hasilkan ini.

Secara umum ada 14 jenis artikel yang dikemukakan oleh writing forward.   Sebagai berikut:

Free writing

Blogging

Journalism

 Lirik lagu

Speeches

Script

Letter

Memoar

Poetry

Storytelling

Essays

Journals

Diaries

Secara umum definisi menulis adalah sebuah proses kreatif yang membutuhkan kreativitas tingkat tinggi. Hal ini sebagaimana definisi menulis oleh Etic Gould, William smith (1998:18).

Baca juga: BELAJAR MENULIS UNTUK HIDUP

Kesimpulan

Dari pemaparan tentang jenis tulisan yang penulis sajikan ini, kamu bisa mencoba menulis satu atau dua jenis tulisan yang kira-kira kamu cocok. Kamu bisa menekuninya dan bisa menjadikannya lahan basah untuk memperoleh  pundi pundi uang hanya dari sebuah tulisan.

Leave a Comment